4 Smartphone Android Paling Hemat Baterai yang Sangat Cocok Buat Mobile



Jika berbicara tentang smartphone android paling hemat baterai mungkin merupakan salah satu aspek yang menjadi pertimbangan ketika kita akan memutuskan untuk membeli sebuah smartphone. Salah satu masalah yang seringkali dialami oleh pengguna smartphone adalah baterai yang cepat sekali habis. Kebanyakan smartphone yang dijual di pasaran memang tidak dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar.

Bagi anda yang malas sering-sering mengisi ulang baterai smartphone atau menggunakan power bank, mungkin ada baiknya anda memilih salah satu dari 4 smartphone android paling hemat baterai berikut ini:

  1. LG X Power


LG memang tidak begitu meramaikan pasar smartphone tanah air. Namun demikian, salah satu produknya tergolong luar biasa, terutama jika dilihat dari daya tahan baterainya.

LG X Power mampu digunakan untuk mobile selama 15 jam tanpa harus mengisi baterai. Daya tahan baterai LG X Power yang sangat tinggi ini ternyata dikarenakan penggunaan chipset khusus yang hemat pemakaian daya.

Selain daya baterainya yang cukup awet untuk kebutuhan mobile, LG X Power juga masih memiliki cukup banyak kelebihan dari segi spesifikasinya. Berikut ini spesifikasi lengkap dari LG X Power:

  • Menggunakan chipset Mediatek MT6735 quad core 1,3 Ghz yang hemat daya.

  • Memori internal 16 Gb dan kapasitas RAM 2 Gb.

  • Dibekali dengan kamera utama 13 MP dengan aperture f/2.2 dan kamera sekunder 5 MP dengan aperture f/2.4.

  • Layar berukuran 5,2 inch dengan resolusi 720p.

  • Kapasitas baterai 4100 mAh.


Bagi anda yang tertarik menggunakan LG X Power yang termasuk smartphone android paling hemat baterai ini, anda bisa mendapatkannya dengan kisaran harga Rp 2.700.000.

  1. BLU Studio Energy


BLU Studio Energy memang kurang begitu terdengar gaungnya di pasar smartphone tanah air.

BLU Studio Energy memang fokus dalam memproduksi smartphone dengan kapasitas baterai besar. BLU Studio Energy dibekali dengan baterai berkapasitas 5000 mAh.

Diatas kertas, memang BLU Studio Energy ini layak disebut sebagai smartphone android paling hemat baterai pertama, namun setelah diuji, ketahanan baterainya masih kalah dengan LG X Power.

Namun demikian, BLU Studio Energy masih layak untuk menyandang predikat smartphone android paling hemat baterai nomor 2.

Sayangnya, spesifikasi dari BLU Studio Energy ini kurang begitu mumpuni. Berikut ini spesifikasi dari BLU Studi Energy:

  • Menggunakan chipset quad core 1,3 Ghz.

  • Layar IPS dengan ukuran 5 inch dan resolusi 720p.

  • Memori internal 8 Gb dan RAM hanya 1 Gb.

  • Kamera utama 8 MP dan kamera sekunder 2 MP.


Kelebihan utama dari BLU Studio Energy ini memang hanya terletak pada kapasitas baterainya saja. Di luar itu, BLU Studio Energy termasuk smartphone kelas entry level.

  1. Xiaomi Redmi Note 3


Xiaomi Redmi Note 3 memang tidak memiliki baterai dengan daya tahan seperti LG X Power. Namun demikian, Xiaomi Redmi Note 3 masih sangat layak untuk disebut sebagai salah satu smartphone android paling hemat baterai.

Menurut pengujian, baterai Xiaomi Redmi Note 3 yang berkapasitas 4000 mAh bisa bertahan hingga 12 jam.

Ternyata daya tahan baterai Xiaomi Redmi Note 3 tersebut disebabkan oleh penggunaan chipset yang hemat daya. Berikut ini lebih jelasnya spesifikasi dari Xiaomi Redmi Note 3:

  • Chipset menggunakan snapdragon 650 Hexa core dengan kecepatan 1,4 Ghz.

  • Terdapat 2 pilihan memori internal 16 Gb dengan RAM 2 Gb dan memori internal 32 Gb dengan RAM 3 Gb.

  • Kamera utama 13 MP dan kamera sekunder 5 MP.

  • Layar IPS dengan ukuran 5,5 inch beresolusi 1080p.


Selain hemat daya, Xiaomi Redmi Note 3 ini juga cukup gesti performanya, meskipun hanya dibekali RAM 2 Gb saja.

  1. Samsung Galaxy S6 Active


Dari tipenya saja sudah terlihat bahwa Samsung Galaxy S6 Active ini memang dibuat untuk orang-orang yang jam mobilenya sangat tinggi.

Samsung Galaxy S6 Active berhasil masuk sebagai smartphone android paling hemat baterai meskipun hanya dibekali baterai dengan kapasitas lebih rendah dari kompetitornya.

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy S6 Active:

  • Menggunakan chipset Exynos 7420 Octa core 2,1 Ghz.

  • Memori internal 32 Gb atau 64 Gb dengan dibekali RAM 3 Gb.

  • Layar IPS dengan ukuran 5,1 inch dan resolusi 1440p.

  • Kamera utama 16 MP dengan aperture f/1.9 dan kamera sekunder 5 MP.

  • Baterai berkapasitas 3500 mAh.


Secara garis besar, Samsung Galaxy S6 Active memang tidak hanya menonjol dari keawetan baterainya saja. Smartphone android ini juga menarik dari segi kameranya yang memiliki aperture f/1.9.

Sekarang memang sudah tidak jamannya lagi bepergian membawa power bank. Sudah ada banyak sekali smartphone android paling hemat baterai. Dari 4 smartphone yang dibahas tersebut, mana yang bakalan anda pilih?

4 Smartphone Android Paling Hemat Baterai yang Sangat Cocok Buat Mobile Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ertiga